BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Guru adalah bagian dari kesadaran
sejarah pendidikan di Dunia. Guru merupakan orang yang memberikan ilmu
pengetahuan kepada anak didik. Guru dalam pandangan masyarakat merupakan orang
yang melaksanakan pendidikan di tempat-tempat tertentu, tidak selalu di lembaga
pendidikan formal, tetapi bisa juga di masjid, di surau, di rumah, dan
sebagainya.
Guru memang menempati kedudukan yang
terhormat di masyarakat. Kewibawaanlah yang menyebabkan guru di hormati,
sehingga masyarakat tidak meragukan figur guru. Masyarakat yakin bahwa gurulah
yang dapat mendidik anak mereka agar menjadi orang yang berkepribadian mulia.
Guru adalah orang yang bertanggung jawab mencerdaskan kehidupan anak bangsa.
Tidak ada seorang guru yang mengharapkan
anak didiknya menjadi sampah masyarakat. Untuk itulah guru dengan penuh
dedikasi dan loyalitas berusaha membimbing dan membina anak didik agar di masa
mendatang menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa.
Setiap hari guru meluangkan waktu demi
kepentingan anak didik. Guru tidak pernah memusuhi anak didiknya meskipun suatu
ketika ada anak didiknya yang berbuat kurang sopan pada orang lain. Bahkan
dengan sabar dan bijaksana guru memberikan nasihat bagaimana cara bertingkah
laku yang sopan pada orang lain. Guru harus bertanggung jawab atas segala
sikap, tingkah laku, dan perbuatannya dalam rangka membina jiwa dan watak anak
didik.
Guru harus dapat menempatkan diri
sebagai orang tua kedua, dengan mengemban tugas yang dipercayakan orang tua
kandung/wali anak didik dalam jangka waktu tertentu. Dengan demikian, tanggung
jawab guru adalah untuk membentuk anak didik agar menjadi orang yang bersusila
yang cakap, berguna bagi agama, nusa dan bangsa di masa yang akan datang. Untuk
itu pemakalah akan membahas tentang citra guru yang mengacu pada gambaran ideal
seorang guru, dan cara pandang seorang guru terhadap kepribadiannya sendiri.
Citra guru berkembang dan berubah sesuai
dengan perkembangan dan perubahan konsep dan persepsi manusia terhadap
pendidikan dan kehidupan itu sendiri. Dalam hal ini profesi guru pada mulanya dikonsep
sebagai kemampuan memberi dan mengembangkan pengetahuan peserta didik. Namun
akhir-akhir ini konsep, persepsi, dan penilaian terhadap profesi guru mulai
bergeser. Oleh karena itu, kami akan membahas tentang citra guru yang digambar
oleh beberapa lapisan masyarakat dan apa yang menyebabkan hal itu terjadi.
File lengkap bisa download disini
0 komentar:
Posting Komentar