Jumat, 16 Desember 2016

Laporan Observasi Permasalahan dalam Pendidikan Matematika

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pendidikan merupakan investasi sumber daya manusia jangka panjang yang mempunyai nilai strategis bagi kelangsungan peradaban manusia di dunia. Oleh sebab itu, hampir semua negara menempatkan pendidikan sebagai sesuatu hal yang penting dan utama dalam konteks pembangunan bangsa dan negara. Begitu pula dengan Indonesia yang menempatkan pendidikan sebagai sesuatu hal yang penting dan utama. Maka tidak salah jika pemerintah senantiasa mengusahakan untuk meningkatkan mutu pendidikan baik dari tingkat yang paling rendah maupun sampai ketingkat perguruan tinggi. Hal ini dapat tercermin pada Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 alinea IV yang menegaskan bahwa salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.
Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang penting karena matematika sebagai pengantar ilmu-ilmu pengetahuan yang lain dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-sehari. Pengajaran matematika tidak hanya ditekankan pada kemampuan berhitung, tetapi pada konsep-konsep matematika yang berkenaan dengan ide-ide yang bersifat abstrak. Setiap konsep atau prinsip dapat dimengerti secara sempurna jika pada awalnya disajikan dalam bentuk konkret. Maka dengan demikian perlu adanya media pembelajaran berupa alat peraga sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika. Konsep matematika yang disajikan dalam bentuk konkret akan lebih mudah dipahmi dan dimengerti serta dapat ditanamkan pada peserta didik.[1]

File lengkap bisa download disini

0 komentar:

Posting Komentar